Friday, September 12, 2014

// // 6 komentar

Mind Mapping

Bagikan:


Ada yang tahu gak soal Mind Mapping?

Buat penulis pasti sudah tahu dan tidak perlu lagi ditranslate lagi apa artinya. Tapi bagaimana buat yang belum tahu? Ok, akan saya jelaskan secara singkat biar yang belum tahu juga mengerti.


Mind Mapping adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Itu menurut Wikipedia yang saya baca.

Nah, kalau menurut saya sendiri yaitu pemetaan pikiran. Disini kita memetakan pemikiran dari cerita yang kita buat agar cerita tersebut berjalan sesuai alur yang sudah ditentukan. Mind Mapping membuat kita untuk lebih fokus dalam menjelaskan rangkaian kejadian yang dialami suatu tokoh dalam satu cerita.

Contohnya, kita merangkai tema cerita, siapa saja yang nanti ditemui oleh si tokoh, siapa saja musuhnya dan juga kejadian seperti apa yang merubah takdir dari si tokoh dalam cerita.



Cukup susah ya, karena kita harus merangkai semuanya terlebih dahulu sebelum menulis. Tapi disitulah letak ke istimewaan Mind Mapping, karena dengan ini kita dapat terbantu dalam melakukan penulisan.


Bagaimana cara melakukan Mind Mapping?

Paling mudah, kita buat terlebih dahulu inti cerita yang mau kita tuliskan. Catat semua hal yang sudah saya jelaskan dalam contoh di atas, rangkai lalu buat lah solusi dari permasalahan yang akan terjadi.

Konsep dasarnya sama kayak kita melukiskan sebuah pohon, kita melukiskan kejadian inti masalahnya itu menjadi seperti akar pohon. Lalu buat lah akar-akar itu berkembang menjadi pohon yang besar, yang menjadi rintangan dari si tokoh. Kemudian buat lah daun-daun sebagai solusi yang dilakukan si tokoh selama cerita itu berjalan.

Jika ada yang bilang, cerita saya terlalu rumit dan akan susah jika melakukannya. Maka solusi yang paling simpel adalah, melakukan Mind Mapping untuk cerita yang kita buat di setiap chapternya saja.

Kosa kata, Pola pikir, Pola bahasa, Univerese, dan Mind Mapping.

Itu semua terkadung dalam setiap cerita yang ada. Kalau dipikir - pikir menulis itu tidaklah semudah membaca karya seseorang yah. Makanya saya suka sedikit emosi pada orang-orang yang hanya bisa mengkritik cerita dari keburukannya saja.

Well,
Semoga saja info yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kalian yang suka menulis. Semoga juga bagi kalian yang sering bermasalah dengan virus Write Block dapat terbantu dan bisa melawannya dengan konsep Mind Mapping ini.


Btw, Thanks buat agan Muhamad Ramadhan Sofyan  yang sudah memberi informasi ini kepada saya.

Patikan kalian melakukan mind mapping agar dapat mempermudah kalian dalam menulis cerita.

6 comments:

  1. Oh begitu..., makasih infonya..

    Kalau saya langsung-langsung saja, tidak pernah kepikiran untuk membuat mind mapping, begitu terlintas ide cerita dalam otak langsung saja bergelut dengan laptop...
    He..he...., maklum masih baru, masih belum berpengalaman, jadi ceritanya sedikit kacau...

    Nanti akan dicoba buat mind mapping, tapi...malas "-__-"!!!!
    He..he.., dasar. Bagaimana blognya bisa maju...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sebenarnya malas kok, tapi harus dilakuin. kalau nggak ntar ceritaku malah kesana-kemari alur dan plotnya.

      Delete
    2. He..he..., betul betul betul...
      Nanti selanjutnya saya akan coba sedikit demi sedikit buat cerita dengan metode tersebut, supaya ceritanya lebih terarah...

      Delete
    3. Iya gan, biar lebih terarah gan alur ceritanya.

      Delete
    4. Iya, semoga nanti saya juga bisa buat cerita yang bagus seperti cerita dari Ara Story..., he..he..

      Oh iya, btw blognya sangat bagus, saya jadi banyak belajar dari blog ini....:)

      Delete
    5. terimakasih gan.

      amin semoga aja ya.

      Delete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top