#14 - Tentang Capung

#NulisRandom2015


Hari ke-14 dari nulis random 2015  #NulisRandom2015

Saya bingung mau nulis apa untuk menulis random pada hari ke-14 ini. Nggak ada ide, males, mana badan capek juga karena semalem kerja dipindah ke tempat lain. Yang pasti badan capek lah jadi nggak semangat buat nulis.

Tapi, tadi sekitar jam 12. Saya dapet inspirasi nulis. Dan itu semua berkat hewan ini.

Capung
cikopo.wordpress.com

Tahu namanya kan?

Capung, kalau di daerahku namanya kinjeng.

Ada banyak tuh jenis dan warnanya, ada banyak juga berterbangan di daerahku dulu. Dulu pas kecil sering banget nih sama temen nangkepin capung pake jaring di lapangan. Kadang main sama temen nangkepin ini bisa sampe sore. Ya walaupun pas sudah ditangkep nggak tahu mau diapain nih capung. Jadi kebanyakan pada mati setelah ditaruh dalam kantong.

Tapi itu dulu,
Sekarang sih udah nggak ada lagi, atau bisa dibilang aku udah nggak pernah nemuin lagi nih capung terbang di sekitar rumah. Udah lama rasanya, nggak pernah liat nih hewan. Sempet mikir ini udah punah karena sekarang udah nggak ada lagi lapangan dan tumbuhan tempat mereka hinggap.

Yang bikin saya inspirasi adalah, saya melihat ini hewan untuk pertama setelah sekian lama.

Sayang banget saya nggak sempet foto capungnya tapi yang jelas warnanya merah kayak ini.
capung
hujanderas.wordpress.com

Selain capung ini juga ada lagi capung kecil banget badannya.  Kalau nggak salah namanya capung jarum.

capung

Kecil banget ya badan capungnya, susa tuh nangkepnya yang kecil ini.   Keberadaannya ini malah lebih jarang dari capung biasanya.


Nah untuk kalian,  pernah liat capung lagi nggak?

Di daerah kalian masih berkeliaran nggak nih hewan?



Komentar

  1. didaerah gue capung udah jarang dan gak sebanyak waktu gue SD
    waktu SD dulu gue sering banget tuh berburu capung beraneka warna

    BalasHapus
  2. didepan rumah ku suka ada capung numpang lewat kok kak, soalnya dpn rumahku banyak pohon & dedaunan, jd pda suka mampir.. Yg paling ngenesnya biasanya tuh capung berakhir dengan dimakan cicak-___-kasian banget yah nasibnya? Ckck..

    BalasHapus
  3. Biasanya suka dideketin ke udel, hehehe.. Entah tujuannya buat apa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu katanya biar nggak ngompol kalau anak kecil

      Hapus
  4. jaman gue bocah, sering banget sore2 nyari capung deket sawah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang masih ada nggak mas di sawahnya

      Hapus
  5. diaerahku juga sama udah ga pernah ada lagi capung, apa lagi pohon2nan juga udah jarang ada, kalo dulu waktu kecil pas pulang ke kampung halaman banyak capung mungkin karena suasana desa yg banyak sawah sama pohon

    BalasHapus
    Balasan
    1. capunya udah ke gusur sama bangunan rumah

      Hapus
  6. di daerah saya juga sering di bilang "papatong" tuh .. dan juga jarang ngeliatnya, soalnya tanamannya udah dijadiin rumah :( gak bisa liat lagi :(

    BalasHapus
  7. Hahhaa . . capung ya . .?? DUlu masih kecil sering banget berburu capung dikebon dan depan rumah sama sepupu . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu enak, capung masih banyak di rumput-rumput gitu

      Hapus

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Postingan Populer