Thursday, June 25, 2015

// // 8 komentar

#25 - My Phobia

Bagikan:

Selamat sore, selamat berbuka.

Hari ini  saya akan membahas tentang phobia nih. Ada yang tahu nggak apa maksudnya? Kalau nggak tahu akan saya jelaskan nih.

deebacalah.blogspot.com

Phobia adalah rasa ketakutan yang berlebih pada sesuatu, baik itu benda, situasi, dan kejadian tertentu. Orang yang mengidap phobia cenderung akan menjauhi dan akan melakukan apapun untuk menghindari situasi dimana phobianya itu bisa muncul.

Phobia bisa disebabkan oleh apa saja, bisa fakor biologis saat aliran darah meningkat  atau bisa juga karena kejadian traumatis.

Phobia itu seperti ketakutan yang tak biasa yang dirasakan oleh beberapa orang. Sebut aja contoh, ada artis yang phobia rambutan. Aneh ya, padahal itu buah dan bisa di makan, enak lagi. Tapi ternyata dia takut.  Atau ada juga orang bada tegap besar dan kekar, tapi begitu melihat tikus atau kecoa dia lari tunggang langgang karena merasa ketakutan.

Seperti itulah phobia, orang yang memiliki kecenderungan rasa ketakutan seperti phobia pastinya sulit mengendalikan emosinya saat berada di dekat hal yang dia takuti.


Ada banyak jenis dari phobia, dari yang normal sampai yang aneh.
Contohnya aja, takut gelap, takut kucing, takut air, takut pada buah dan lain-lain.

Nah,  setelah membahas singkat tentang phobia. Saya akan menceritakan phobia saya nih. Nggak aneh malah cenderung normal.

Saya ini takut ketinggian, atau bisa disebut  Acrophobia.
 Saya nggak bisa tuh berada di tempat yang tinggi. Kalau masih satu meter atau dua meter ya masih sanggup tapi kalau lebih ya nggak mau.

Ketakutan saya ini ya biasa. Takutnya saat melihat ke bawah dari atas tempat tinggi.  Saat melihat ke bawah pasti merinding, badan kaku dan kaki terasa menggigil gitu. Pusing dan kadang agak mual.

Tapi ketakutan saya nggak heboh banget. Saya masih bisa atasi
contohnya, waktu ke mall dan berada di lantai 3 atau 4. Saya pasti akan melihat lurus aja ke depan, nggak akan berani lihat ke bawah. Turun pake eskalator aja saya memfokuskan diri dengan hp ataupun melihat lurus ke depam. Dengan begitu rasa ketakutan saya nggak akan terasa banget.


Nah itu aja, cukup singkat ya.
Gpp lah, saya juga males kalau panjang.


Oh ya, manusia itu diciptakan oleh tuhan juga dengan rasa takut. Jadi rasa takut itu wajar namun jangan sampai rasa takut itu menjadi kendala buat kalian. Rasa takut yang utama bagi manusia adalah rasa takut pada penciptanya sendiri, takut akan hukuman-Nya dan takut bila nanti tidak bisa bertemu dengan-Nya di surga.

Rasa takut juga bisa baik buat kalian, karena rasa takut itu bisa menunjukkan siapa diri kalian sebenarnya. Rasa takut juga bisa membuat kalian maju tergantung kalian menyikapinya.

Jadi, kalau kalian memiliki ketakutan  pada apa?


8 comments:

  1. phobia ketinggian ya mbak... tapi ttap harus punya cita2 tinggi...

    klw saya nggak tahu phobia apa

    ReplyDelete
  2. Saya juga phobia dengan ketinggian. Tidak berani melihat ke bawah walau cuma di lantai 2, kalau melihat ke bawah kaki terasa seperti mati rasa.

    Jadi kalau di fakultas ataupun di lab, saya tidak berani melihat ke bawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih
      nggak mau lihat ke bawah kalau di tempat tinggi

      Delete
  3. Phobia itu bisa di hilangkan kok kalau kita sendiri berani untuk melakukannya :)
    yaa memang aneh kedengarannya, apalagi anehnya itu punya badan kekar dan tegap, tapi ketika melihat tikus jadi takut :D haha :D :D ada ada saja :)

    ReplyDelete
  4. Kalo aku phobia sama laba-laba, dan sarang laba2nya jg.. Kalo ada sarang laba-laba trs gak sengaja kepegang, jd merinding sndiri..
    Tapi ada untungnya jg sih, jd pas sd gak ada yg bsa nakut2in pake laba2, gak ada yg tau, dan emg jarang ada di sklah.. Haha..

    Kalo tkut ktinggiann... Aku klo ada di tempat ringgi suka ngebayangin yg aneh2, kyak gedungnya roboh lah, gtu2.. Paling tkut kalo lewat jembatan pnyebrangan tuh.. Kan dbwahnya mobil, jd mkin kpkiran yg aneh2-__-
    Itu trmasuk phobia jg bkan? Wkwk

    Oiya itu klo di escalator tp gak liat bawah gmn crtnya?? Ntr kalo salah nginjek gimana?.__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya liat orang yang di depan

      kalau keliatan udah mau nympe bawah ya ikutan aja

      Delete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top