Wednesday, June 24, 2015

// // 16 komentar

#FFRabu - Pak Kyai Tertidur

Bagikan:



Pukul 16.15

Seorang Kyai sedang tertidur pulas sambil bersandar di dinding masjid. Dia tertidur dengan sangat nyaman sambil mendekap sebuah tasbih pada tangannya.

“Jangan lari-larian di masjid! Nanti pak Kyai terbangun,” ucap seorang penjaga masjid kepada beberapa anak.

Pukul 17.05

“Biarkan saja pak Kyai tidur,” ucapnya pada beberapa remaja masjid yang hendak membangunkan sang Kyai. “Kasihan, beliau pasti sangat kelelahan.”

Pukul 17.45

“Pak ... pak, bangun pak Kyai. Sebentar  lagi magrib, Bapak diminta untuk mengisi kultum sambil menunggu waktunya buka.”

Adzan magrib berkumandang, lalu diiringi sebuah berita. Inalillahi, telah meninggal dunia seorang Kyai di tempat tinggalku pada bulan suci Ramadhan.

16 comments:

  1. Innalillah...

    Maksudnya kyai itu sudah meninggal sejak tadi? dan orang2 mengira dia hanya tertidur sehingga mereka tidak tega membangunkan beliau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seperti itulah ceritanya

      Delete
    2. Pernah saya dengar, katanya orang meninggal tidak jauh dari kebiasaannya. Kalau orang yang suka ke mesjid nanti dia akan meninggal di mesjid. Kalau yang rajin shalat akan meninggal dalam shalatnya. Begitupun sebaliknya.

      Itu yang saya dengar, entahlah, yang di Atas lebih tahu segalanya.

      Delete
    3. yah, soal hidup dan mati memang urusan Allah
      jadi kita nggak akan bisa tahu gimana rinciannya keadaan saat orang meninggal

      Delete
  2. Subhanallah . . Khusnul Khotimah ini si Kyai itu . . :))

    ReplyDelete
  3. Subhanallah, meninggalnya pun dalam keadaan khusnul khotimah :')
    di kira tidur, tapi ternyata sudah meninggal :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita juga seperti itu diakhir hayat

      Delete
  4. Subhanallah, tepat sekali caranya, khusnul khotimah, tidur istirahat selamanya, adem ya tepat gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya adem
      semoga nanti bisa khusnul khotimah juga

      amin

      Delete
  5. si kyai mati dalam keadaan khusnul khotimah subhannalah.
    mati dalam keadaan tertidur itu adalah suatu keistimewaan lo

    ReplyDelete
  6. Wah Subhanallah bisa meninggal dengan keadaan baik, semoga bisa seperti itu tanpa perlu mengahdapi rasa sakit dulu :')

    Ceritanya singkat tapi ngena banget lho, iya sih judulnya aja flashfiction

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha
      iya, kalau panjang ntar jadi novel #loh :D

      Delete
  7. Pak Kyainya udah meninggal dari tadi dan orang-orang cuma menganggapnya sedang tidur. Sepertinya keadaan meninggal yang sangat tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tenang banget itu gan
      khusnul khotimah

      Delete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top