Wednesday, June 10, 2015

// // 4 komentar

Siapa Penemu Teori Relativitas?

Bagikan:


http://www.fromquarkstoquasars.com/

Oke dari judul postingan ini mungkin banyak orang akan langsung menjawab bahwa penemunya adalah Albert Einstein. Si penemu jenius yang sangat populer di abad 20 dengan teorinya yang membuat ia sangat terkenal sampai ke seluruh dunia.

Tapi, baru saja saya melihat sebuh postingan di blog milik mas Agustinus Darto Iwan Setiawan tentang  Penemu Teori Relativitas bukan Einstein?

Liat judul postingan di blog beliau mungkin kita akan bingung dan berkata, Ini orang tahu darimana coba, apa jangan-jangan dia yang sebenernya yang nemuin itu teori?

Oke, nggak perlu banyak mikir ya saya langsung baca aja.

Dipostingannya disebutkan bahwa penemu pertama kali adalah Galileo Galilei. Seorang penemu dalam bidang fisika juga yang terkenal dan bahkan juga sudah kita pelajari tentang hasil temuannya.

Loh, kok bisa Galileo Galilei yang nemuin?

Setelah saya baca lagi, postingannya menjelaskan dengan sangat rinci tuh tentang Galileo yang nemuin teori relativitas jauh sebelum Einstein mengemukakan  teori tersebut. Penjelasannya sangat rinci dari bagaimana dia menemukan tentang teori milik Galileo. Di sana bahkan juga menyebutkan tentang teori diam absolute milik Aristoteles. Postingan ini sangat bermanfaat juga bagi pembaca yang penasaran dan ingin tahu seperti saya.

Akhir posting dituliskan bahwa Einstein menyadari kesalahan dalam Teori Galileo hingga akhirnya Einstein membuat sebuah teori Relativitas khusus.


Postingan itu sangat bagus karena memberi kita fakta dan pengetahuan baru. Biasanya dalam pelajaran hanya menyebutkan Einsteinlah sang penemu. Dengan postingan ini berarti kita bisa sedikit lebih tahu tentang sejarah dari teori tersebut.

Sayangnya, postingan it tidak menyebutkan referensi dan juga sumber yang menyebutkan tentang hal yang dibahas dalam postingan. Jika seperti itu maka postingan itu akan seperti isapan jempol belaka dan mungkin nggak bisa dipercaya.

Karena saya sangat penasaran, akhirnya saya googling sendiri tentang penemunya. Dan saya menemukan beberapa blog lain yang menyebutkan bahwa Einstein bukanlah orang pertama yang mengemukakan teori relativitas. Berarti masih ada orang lain yang lebih dulu mengemukakannya.

Orang-orang yang pertama mengemukakannya sesuai yang saya baca adalah  Al-Kindi, Galileo Galilei, David Hilbert hingga akhirnya Albert Einstein.

Ya walau kesemuanya masih tidak menyebutkan referensi dan sumber tapi jika sudah banyak yang memposting hal itu, kurasa itu cukup bisa dipercaya.

4 comments:

  1. Hoo..., begitu, saya baru tahu. Jadi menambah pengetahuan baru....

    Wah, tapi kalau membahas teori relativitas, teori ini dan itu, saya angkat tangan..."-__-"!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga angkat tangan kok kalau urusan rumus dan teori fisika

      Delete
  2. Wah ... ternyata saya belum menyebutkan referensi nya ya, hehehehe , lupa. Makasih dah diingatkan. Terima kasih sudah berpartisipasi pada Giveaway Mini ini.\

    Darto - www.dunia-digital.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya sampe lama banget tuh googling untuk nyari kebenarannya.

      Delete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top