Sunday, July 19, 2015

// // 26 komentar

Dua Jempol Untuk Lebaran Tahun ini

Bagikan:

Hallo semuanya, lagi pada ngapain?

Hah, tiduran aja di rumah? Wah... wah sayang sekali kalau begitu. Padahal masih dalam suasana lebaran tapi kok udah pada males-malesan. Karena Ini hari ketiga lebaran, harusnya masih semangat dong. Liburankan juga masih lama tuh. Eh lupa, mohon maaf lahir batin dulu, semoga amal dan ibadah kita bisa diterima dan jadi berkah.


Oh ya, saya mau bilang dulu.  Dua jempol untul lebaran tahun ini.

Eh, kenapa?

Ya jelaslah, itu karena lebaran tahun ini cukup beda dari yang sebelum-sebelumnya.  Tahun ini saya langsung keliling pas lebaran pertama. Padahal biasanya males-malesan dulu baru deh hari keduanya keliling itupun cuma tempat saudara.

Ah, walaupun cuma tempat saudara tapi tetap menyenangkan.  Itu semua karena saya dapet THR dari Oom.

thr
1kata.com
Hehehe
Saya udah gk pernah dapet THR lagi semenjak saya kerja dari saudara. Semua THR saya dapetin dari tempat kerja. Tapi tahun ini agak beda. Entah kenapa Oom ngasih saya THR padahal dia tahu kalau saya ini kerja. Cuma dapet 50 ribu sih, tapi sensasinya itu loh. Adik saya aja sampe iri karena saya dapet juga. Dia malah teriak-teriak sambil bilang THR-nya harus dibagi dua karena saya udah kerja dan bisa nyari uang sendiri.


Nah karena ngomongin THR, mau sedikit cerita juga nih. Hari pertama lebaran kami langsung di serbu sama keponakanku. Mereka semua masih kecil-kecil  ada sekitar 10 orang.  Dan semuanya harus dapet THR dari Oomnya (Saya).  Jadilah hari pertama saya harus keluar uang THR buat mereka. Btw,  ini tahun kedua saya ngasih THR ke ponakan.  Tahun-tahun sebelumnya saya nggak ngasih karena emang belum kerja dan atau karena uang saya yang nggak ada.

Nah iya, kalian para jomblo seperti saya pasti udah bisa nebak kan pertanyaan mistis yang selalu muncul saat lebaran apalagi pas datang ke rumah saudara.

suzannita.com
Pertanyaannya horo banget ya!

Tapi untungnya saya lolos dari pertanyaan itu. Nggak ada yang nanyain tahun ini. Walaupun ada saudara yang mau lamaran dan nikah. Tapi nggak ada yang nanyain saya tuh.


Bukan...  bukan mereka nggak peduli atau apa, tapi mereka pada sibuk sama urusan lamaran dan nikahan itu. Belum lagi ada satu sepupuku yang mau sekolah di Palembang. Jadinya mereka yang kena nasihat dan petuah dari para tetua dalam keluargaku. Saya lolos... heehehe.



Oh ya, sebelumnya pas masih puasa saya bantuin ibu bikin kue untuk lebaran.


Ada dua kue lebaran yang ibu bikin untuk lebaran, sisanya dia beli di pasar. Dua kue itu adalah kue lapis legit dan kue bolu minyak.


lapis legit
lapis legit
bolu minyak
bolu minyak

 

                  







 Buat bolu minyak sih simple, tinggal mixer adonan terus panggang. satu dua jam udah mateng. Nah yang jadi masalah ya masak Lapi legitnya.  Ibu mulai buat kue jam 3 sore  dan selesai jam setengah 3 pagi.
Bayangin tuh. Mana saya yang harus ngawasin kuenya.  Sempet ketiduran beberapakali  dan malah akhirnya kue jadi gosong sedikit.



(walau agak burem tapi bisa liatkan kan ada hitam-hitam di kuenya.)


Selain jagain kue, ngocok adonannya juga bikin pegel. Itu adonannya harus sering di kocok, kalau nggak ya gula yang ada dalam adonannya bakalan ngeras dan jadi karamel di dalam wadah paling bawah.




udah pegel


pas jam 11 malem

pas nuang adonan

tinggal panggang dan tunggu


 Sebenernya selain dua itu, masih ada lagi kami masak kue brownies kukus. Tapi itu buat makan sendiri bukan buat tamu lebaran.



Enak sih rasanya, tapi kemanisan. Saya agak kurang suka sama yang manis-manis.



Begitulah, dari sebelum lebaran sampai akhirnya lebaran cukup banyak kegiatan yang saya lakukan. Walau nggak terlalu heboh atau apa. Tapi cukup berkesan bagi saya.  Apalagi bagian saya dapet THR-nya.  Lebaran ini cukup top dan menyenangkan. Nggak heran kalau saya bisa nunjukkin dua jempol untuk lebaran tahun ini.



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy."










26 comments:

  1. Weeets, baru prtama nih baca pengalaman pribadi kak Ara, biasanya aku bacanya klo gak riddle, cerpen, sama remisniche kmren.. Haha.. Ohiya, sama yg di nulis random jg deng, ada curhatannya dikit..

    Enak banget yah, udh bsa nyari duit sndri tp màsih kbagian thr jg:')
    Aku jg klo udh bsa nyari duit sndiri kepengen deh bagi2 thr ke ponakan atau sepupu2 aku.. Kyaknya sensasinya gimanaaa gtu ya? Kalo bsa ngasih thr dgn uang hasil jeripayah sendiri.. Hehee..

    Wiihh, lebarannya antimainstream nih, bkan bkin kue kering macem nastar dan sodara2nya.. Haha.. Malah bkin lapis legit, bolu, sama brownies.. Trnyata bkin lapis legit ribet jg ya? Itu jd macem tutorial bikin lapis legit gtu kak pake foto sgala. Wakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak tuh fotonya tapi ambil dikit aja
      ribetnya tuh bikin lapisannya itu. selapis dituang, dipanggang dulu sampe kering terus dilapisin lagi. gitu terus sampe hbis

      Delete
  2. Wah enak yah dapat THR, saya tidak ada hal semacam itu.

    Waduh masak kue sampai jam setengah tiga pagi? jadi gosong begitu. Saya juga bantu Ibu bikin kue kering dari siang sampai sekitar jam 12 malam. Mata tidak ngantuk tapi tangan, punggung dan bahu sakit semua karena harus membentuk kue satu per satu.

    Tapi saya salut, mau bantu Ibu buat kue sampai pagi. Tidak apa-apa tahan kantuk dan pegal, membantu orang tuakan adalah amal ibadah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gosongnya karena ketiduran bentr
      cuma satu lapis yang gosong

      sisanya lumayan bagus.
      cpek bikin lapisannya

      Delete
  3. Halo mas! Akupun ingin thrnya atuh. Heu.
    Itu seriusan masak lapis legit 12 jam full?! Gila. Capek banget pasti.
    Pas baca akhirnya, ternyata buat ikut best artikel toh... Sukses, semoga dapet! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, capek ngocok sama bikin lapisannya satu satu. bikin lapisan gitu sampe habis adonannya

      jadi lama karena satu lapisan manggangnya lumayan.

      Delete
  4. bikin kue lapis emg lama bgt
    tpi makannua ga ada 5 menit
    ara udh ga dpt thr lagi pas kerja itu tandannya harus bagi2 thr

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang udah bagi-bagi kok
      cuma ya sedikit-sedikit aja gitu

      Delete
  5. Suasana lebaran gitu-gitu aja, soalnya di rumah gak kemana-mana. Untungnya ada saudara dateng jadi gak bosen-bosen banget

    Enak ya udah kerja bisa bagi-bagi thr terus dibagi-bagiin ke sepupu, aku bingungnya nanti kalo udah kerja mau ngasih ke thr ke siapa? Belum punya sepupu, buat punya sepupu pasti lama banget orang adikku aja baru SMP

    Masa ngocok adonannya capek sih, kan cowok suka sama ngocok. Ngocok telur, mau bikin telur goreng kalo laper

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya capek lah
      lama soalnya, dari sore sampe malem.


      aku malah lebih suka kalau diem di rumah aja

      Delete
  6. lebaran tahun ini emang keren. diskonnya lebih oke daripada diskon hari raya tahun lalu. tapi sayangnya, sepatu futsal yang gue mau abis. sekali ada, nggak diskon. kan kampret.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sayang banget tuh

      em.. tempat saya sih diskonnya biasa aja tuh... malah cenderung nggak terlalu besar

      Delete
  7. yang anamanya adek pasti selalu iri sama apa yang di dapatkan sama abang atau kakaknya.
    gitu juga aku. padahal udah ngampus tapi masih aja dikasih duit dan tau apa reaksi adek aku?
    dia tereak-tereak kesetanan bilang kalau aku jangan dikasih THR lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama berarti
      adekku sih langsung negosiasi buat bagi duitnya setengah buat dia

      Delete
  8. Halooo Kak Araaaa. Minal aidzin wal faidzin, yaaa. :)

    Asyik ya udah kerja masih dikasih THR. Hihi. Rasanya ngasih THR gimana, Kak? Jadi pengin.. ._.

    Waaah. Ibunya pinter bikin kueee. Ibu aku mah udah males bikin-bikin kue gitu. ALhasil ya cuma beli, dan ada yang dikasih sama kakak ipar. Hahahah.

    Ituu. Aku pengin browniesnyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata ibu sih dia pinter asal ada dana buat bikin kuenya
      jadi ya masih habis juga kantong buat beli bahan kuenya

      browniesnya agak pahit
      kebanyakan coklat

      Delete
  9. yang paling nggak bisa diterima itu "Kapan Nikah"nya nah ini pertanyaan sakral banget, selain kata "Kapan Wisuda" untung aja aku masih di semester akan masuk angka 7 belum akhir banget kan ya :D huahahahah

    lebaran kemana? dirumah? kagak, aku nambang. kunjungin rumah sodara berharap masih ada THR untuk akuuuhhh~~ huahahahahah

    eh ini tulisan untuk BA yakkk... good luck yaaaaa :)

    first landing dimariii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir terus ya kemari


      untungnya aku gk dapet pertanyaan gitu
      syukur deh, gk pusing

      Delete
  10. Wah wah, kamu enak banget yak masih dapat THR dari om. Lah aku :(

    Bolu minyak keliatannya enak banget yaaa, kirimin ke Samarinda dongggg. Terus, selamat ya berhasil dari pertanyaan kapan nikah. Aku sih belum pernah ditanyain. Ya iyalah, kuliah aja baru masuk -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha
      itu paling pertanyaannya kapan lulus

      Delete
  11. Pertanyaan paling males pas lebaran emang pertanyaan 'Kapan Kawin?', kalau ditanya pertanyaan kayak gitu, gue berasa pengen pindah gitu keluar negeri atau kalau ga keluar angkasa sekalian. Hehehe.

    Tapi kamu hebat juga yah bisa bikin kue, aku mah ga bisa. Lha, orang masak nasi pake rice cooker aja kelembekan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma bantuin aja kok
      kalau bikin kue masih lum bisa banget klau masak sih bisa

      Delete
  12. Udah nyiapin duit baru, kirain krucils kampung pada dateng (baru pindah ke rumah sekarang, belum tau lebarannya gimana), ternyata enggak. Mau kasih keponakan tapi udah pada gede2 n kami bungsu, anak2ku yg malah dikasih. Nganggur deh itu duit baru :)

    ReplyDelete
  13. Wah akhirnya dateng ke blog ini dengan cerita keseharian kamu. Pertama kali loh, biasanya baca cerita riddle itu. Tapi kali-kali cerita pribadi gpp lah, biar nggak jenuh.

    Setuju! Malah menurutku nggak cuma 2 jempol deh, tapi juga 4 jempol. Kenapa? Nggak tau sih kenapa, tapi lebaran kali ini tuh rasanya seneeeeng banget. Bahagia banget bisa kumpul sama keluarga besar dan berbagi canda. THR juga masih dapet malah haha.

    Btw, bikin kue lapis legit tuh, lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya agak lama karena harus ngelapisinnya satu-satu


      ahaha
      padahal ini udah beberapa cerita yang emang asli pengalaman saya loh

      Delete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top