Friday, September 25, 2015

// // 42 komentar

Gaji Pertama, Kerja Pertama

Bagikan:

Ngomongin pengalaman berkesan, tiap orang pasti punya tuh pengalaman yang sangat berkesan bagi mereka.  Apalagi saat remaja,  berjuta kenangan pasti tercipta dengan sahabat, orang tersayang, guru, orang tua, sekolah dan lain-lain. Pengalaman menyenangkan lah, atau menyedihkanlah yang selalu teringat  yang pasti masa remaja itu pasti penuh kenangan.

Masa remaja aku sih biasa aja, nggak begitu banyak pengalaman berkesan yang aku alami. Dan kali ini mau sedikit cerita soal pengalaman pertamaku mendapat gaji pertama.  Gaji ya,  beneran gaji karena udah kerja.
Saya ini mulai kerja pas kelas 2 SMA. Waktu itu ada saudara yang nawarin, mau nggak saya bantu dia berdagang makanan yaitu roti bakar. Dia bilang saya akan di gaji,  karena tergiur ya saya terima aja gitu.

rotib akar
sumber: http://jogjarasa.com/kuliner/jajanan/roti-bakar-bandung/


Kerjaan saya itu cuma jualan roti bakar, dagang dipinggir jalan dari jam 7 malem  sampe jam 11an. Awal-awal itu enak kerjanya,  lumayan banyak juga yang beli, saya juga udah makin pinter masak rotinya. Tapi saya nggak sadar karena jualan itu nilai saya jadi turun  dan itu terbukti pas saya kelas 3 SMA.  Ya, saya jualan itu dari kelas 2 sampe kelas 3,  kelas  3 berhenti karena mau ujian nasional dan harus fokus biar nilai gk tambah turun.

Balik lagi ke gaji pertama nih waktu saya pertama kerja pas kelas 2 SMA. Waktu itu saya digajinya per minggu. Ya, seminggu saya kerja di gaji seratus ribu,  dan itu terus sampai saya kelas 3.  Waktu pertama dapet gaji itu ya seneng banget lah.  Saya langsung beli makanan waktu itu, saya inget beli bakso dan langsung ngasih adik  dan juga ibu  ya walau sedikit-sedikit  karena memang terbatas sama keuangan yang memang nggak terlalu banyak.

Selain makanan,  gaji saya itu juga saya pake buat bayar uang spp dan bangunan untuk sekolah. Jadi selama saya kelas 2 dan kelas 3, saya membayar sendiri uang sekolah dan keperluan lain termasuk buku dan uang perpisahan. Ada kebanggan sendiri karena ngerasa nggak terlalu ngerepotin orang tua.

Dan seperti itulah pengalaman yang saya alami saat mendapat gaji pertama  dari pekerjaan pertama yang saya lakukan.  Tapi ya, walau gara-gara itu nilai saya jadi turun karena sibuk kerja daripada belajar di rumah.


Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway listeninda.com #7  pengalaman masa remaja

42 comments:

  1. lumayan juga bayarannya 100rbu/minggu waktu kerja juga bentar cuma 4 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sebenernya 4 jam lewat sih karena berat juga dorong kereta rotinya

      Delete
  2. Wahh..., dari SMA ya... 100.000 di tahun berapa itu? Bisa bayar SPP sendiri. Salut! Aku gaji pertama sih waktu aku bantuin ngisi suara. Digaji 50.000. Hihihi seneng banget. Eh iya, kayanya itu pas aku SMA juga sih. Tapi nggak tiap hari kerjanya. Cuma sekali doang. Setelah itu ya nggak digaji lagi hehehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar tahun 2010 kalau gk salah

      ngisi suara... dubbing
      dimana radio atau stasiun TV

      Delete
  3. 100rb untuk anak SMA udah banyak tuh, bisa jajan 10rb per hari, nanti kalau udah kerja "beneran" tahu gaji pertama itu rasanya kayak apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah kerja beneran kok

      itu pengalaman saya 5 tahun yang lalu

      Delete
  4. wah hebat masih sekolah bisa membayar SPP pake uang sendiri. Hebaat :)

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. terimakasih tapi itu hanya sebentar, sampai kelas 3 saya berhenti

      Delete
  6. Great. Anak muda emang harus ada kemauan & kreatif, kalo gedein gengsi, bisa lapar bro... Hebat lah, bisa biayain sekolah sendiri, salut...

    Good luck ya ganya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga dah mikir gitu kok
      kalau saya nggak ngambil kesempatan kerja ya mungkin waktu itu ortuku bakal susah nyari uang buat spp

      Delete
  7. keren kak pengalamannya. salut ! udah bisa bayar spp sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dulu emang bisa bayar spp karena masih murah. tapi sekarang dah mahal

      Delete
  8. keren bro.. keren. salute.. applause dah..
    jualan roti bakar, terus bayar uang sekolah sendiri. itu suatu pencapaian yang sangat membanggakan. sangat sangat mandiri dan membanggakan. salut bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi hanya kelas 2 dan 3 aja saya bayar sendiri

      Delete
  9. Emang kalau ngrasain gaji pertama tu rasanya senang banget ya gan :D
    saya dulu pertama kerja juga ngrasain seneng banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rasanya sudah punya pencapaian sendiri gitu

      Delete
  10. Gaji pertama lebih manis daripada gaji kedua :D

    ReplyDelete
  11. Gaji pertama emang menyenangkan, soalnya udah bisa nyari duit sendiri. walaupun sedikit, tapi senangnya itu lho... saya juga pas gaji pertama ngajak traktir tmn tmn... gajian selanjutnya baru di tabung n di kasih ortu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kayaknya kebanyakan nraktir jadinya gk bisa nabung
      hehe

      Delete
  12. Serunya bisa kerja sambil sekolah. Cuma resikonya waktu belajar memang jadi berkurang, ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, dalam beberapa bulan itu aja nilai pada turun tuh

      Delete
  13. Waah salut sama pengalamannya....
    Saya dimasa sma masih dimanja dgn harta orangtua ternyata disini sudah mulai mandiri untuk memeras keringat sendiri..
    Tulisannya inspiratif...
    Tp semoga sekolahnya tetap utama dan pertama...
    Sukses yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini dulu kok pas SMA sekarang sih udah beneran kerja sayanya

      Delete
  14. Pgn rasain roti bakar buatannya Bang Ara :)

    ReplyDelete
  15. Waaah inspiratif bgt semangatnya. Semoga anak2 muda juga fight seperti dirimu. Hanya pelajarannya, harus lebih pandai bagi waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. salhnya saya ya itu, gk bisa atur waktu buat belajar

      Delete
  16. hai ara terima kasih sudah meramaikan giveaway
    tolong kirim posting ini ke email anindyarahadi@gmail.com ya untuk di repost karena saya gakbisa copynya
    makasih

    ReplyDelete
  17. Mantap, bisa bayar spp pas kelas 2 dan 3. Harus dicontoh nih sama yang laen. Gaji pertama emang selalu berasa banget "sensasinya", berasa akhirnya bisa menghasilkan duit dari hasil keringet sendiri, jadi bawaannya mau nraktir orang-orang terdekat hehe. Nunjukkin ke mereka kalo kita bisa memperoleh duit sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kebiasaan gaji pertama emang gitu lah
      suka bagi-bagi gitu

      Delete
  18. Gaji pertamaku waktu aku lagi magang, orang situ nyebutnya uang makan. Selama 3 bulan dapet 600ribu.
    Jadi lebih menghargai uang karena untuk mendapatkan itu gak mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga udah lumayan itu 600
      sebutan uang makan cuma untuk basi-basi aja

      Delete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top