Tuesday, September 15, 2015

// // 38 komentar

Kenapa Harus...?

Bagikan:



"Kenapa Harus"

Mungkin agak lebay dan aneh ya judulnya. Membingungkan juga pastinya.  Kenapa nih? Apaan sih yang kenapa harus.  Maksudnya apa emangnya?  Mungkin kayak gitulah pikiran beberapa orang yang nggak sengaja mampir ke postingan ini.

 Sebenernya  postingan ini saya buat untuk menjelaskan kenapa harus riddle yang saya posting dalam blog saya ini.
http://ahdibhaskara.blogspot.co.id


Buat yang sering mampir ke blog ini pasti tahu nih kalau setiap senin saya selalu update postingan tentang riddle. Apa sih Riddle itu? Menurutku sih riddle itu sebuah cerita sederhana yang jika ditelaah dan dimengerti ternyata memliki makna berbeda dengan apa yang di ceritakan.  Semacam cerita yang memiliki misteri di dalamnya dan bagi yang jeli bisa tahu maksud dari apa yang tertulis.  Mirip teka-teki dalam ceritalah.

Yang belum pernah mampir dan baca silahkan cek ke sini aja, Riddle.

Nah alasan utama saya posting riddle karena ini sesuatu yang jarang diposting oleh blog-blog lain. Kebanyakan sih ya tentang pengalaman dan apa yang dipikirkan lalu diposting gitu.  Nah riddle ini bagiku sesuatu yang menantang. Kenapa menantang? Itu karena memikirkan dan menulisnya cukup sulit, membuat pembaca menebak dan memahami riddle juga cukup sulit tuh.

Dari sinilah saya mulai berpikir untuk menjadikan riddle sebagai postingan tetap setiap hari senin.  Sebelumnya saya sempet bingung tuh harus posting tentang apa selain cerpen dan flashfiction di dalam blog saya.  Riddle ini seperti hidayah yang seakan-akan bilang " Ciptakan peluangmu sendiri lewat riddle ini". Makanya setelah melihat jarangnya blog lain posting riddle  dan melihat kesempatan bagi saya untuk melakukannya. Akhinya saya serius untuk menulis dan posting riddle, padahal saya cuma iseng aja pada awalnya.



Saya nulis riddle itu memakai ide saya sendiri,  jadi setiap hari minggu saya pasti mikir seharian tuh untuk menyiapakan riddle hari senin. Saya juga membaca situs-situs lain yang menyediakan riddle buatan sendiri saya coba pahami lalu coba buat sendiri. Plagiat?  Nggak kok, saya hanya mencari inspirasi untuk riddle saya sendiri. Memasukan refernsi dari riddle lain lalu coba di kombinasikan sendiri dengan ide saya.

Riddle itu sederhana, namun memiliki rahasia di dalamnya. Ceritanya normal namun memiliki rahasia dan teka-teki yang mengejutkan. Di dalamnya terdapat sedikit Hint dan clue  dan saya rasa itulah yang sulit. Memasukan hint itulah yang harus dipikirkan agar sesuai dan nggak mudah ketahuan.

contohnya aja gini.  Ana diam duduk di sofa menonton TV, Rere bicara tanpa henti menunjuk Ana. Chika juga duduk diam, di sudut sofa. Sementara Nana Tertawa melihat Ana dan Rere yang ada di depannya.

Normal ya ceritanya, tapi sadar nggak kalau sebenernya si Nana itu kuntilanak yang lagi ketawa, si Rere ngomong ngasih tahu ke Ana  sayangnya nggak diperduliin. Lalu si Chika, bisa jadi dia juga hantu yang duduk di sudut sofa.

Itu hanya contoh riddle sederhana yang gampang, masih banyak riddle lain yang sulit  dan bikin pusing.

Dan itulah sulitnya saya nulis riddle itu. Membuat agar ceritanya berbeda dengan maksud yang ingin di samapikan.  Idenya, cara penulisannya dan hintnya itu harus ditata agar nggak mudah banget ditebak maksud dari riddlenya itu.

Masalah lainnya sih palingan saya nggak ada kuota. Kan capek nulis tapi nggak bisa diposting itu bikin kesel. Selain itu juga kadang diganggu oleh adik yang juga mau pake laptop. Kesulitan juga dalam promosi  dan juga sulit membuat pembaca mengerti dan ikutan menjawab riddlenya.  Jadi inget dulu pas-pas pertama  posting riddle  masih banyak yang nggak mengerti.  Tapi ya, semakin lama  sudah semakin banyak orang yang menjawab dan membaca postingan riddle saya. Jadi nggak perlu banyak menjelaskan lagi tentang riddlenya.

Intinya sih kesulitan yang saya lalui hanya pada saat mikirin ide  dan menulisnya aja.  Tapi, begitu riddlenya selesai, entah bagaiman saya merasa senang. Apalagi kalau banyak orang yang mencoba menjawabnya,  kesulitany yang saya lewati di hari minggu terasa terobati bagitu aja dengan melihat komentar dan jawaban mereka.

Mungkin itu aja ya dari saya. Bagi yang tertarik soal riddle  bisa baca langsug, sekarang sudah ada sekitar 18 riddle dalam blog ini.  Dan kalau aja ada yang tertarik buat bikin sendiri ya silahkan, saya juga ingin menebak riddle dari orang lain.

Selamat sore dan sampai ketemu dipostingan lainya.



38 comments:

  1. Emang keren riddlenya.... apalagi riddle yang ke-17 yang saya jawab, hehe... bikin lagi dong ra, riddle2 lain yang make cerita... soalnya kan kemaren riddle gambar, agak bingung juga yang itu...
    Kalo bisa sih cerita riddlenya yang terkait dengan pembunuhan seperti kemaren atau cerita - cerita misteri lainnya soalnya lebih seru dan pembaca lebih tertantang... sukses dah buat riddlenya sama lomba ganya juga... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah ya

      saya juga susah mikirnya tuh

      Delete
  2. ditunggu terus ka ara riddlenya. dari awalnya ga suka riddle, gue jadi sedikit tertarik gara2 suka ngebacain riddle riddle di blog ini . keep post the riddle \m/

    ReplyDelete
  3. inspiratif gan , postingannya sampe dikhususin gitu .... ridle nya juga tetap bertahan sampe skrang ...
    saya tunggu next riddle nya ya gan hehehe

    ReplyDelete
  4. Tetap konsisten Ra menulis riddle-nya. Biar menambah wawasan bermain teka teki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip iya mas
      akan saya buat terus kok riddlenya

      Delete
  5. Riddle nya oke mas, ditunggu riddle berikutnya

    ReplyDelete
  6. Saya mau nanya kak, kenapa buat riddlenya setiap hari senin aja?
    Jujur aja, saya tau riddle juga pas baca blog ini. sebelumnya gak tau tulisan riddle itu apa. Trus dapet inspirasi dari mana sih buat riddle? kayaknya butuh perenungan buatnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sejujurnya, saya mau nambah kepusingan orang yang lagi sibuk dihari senin

      ckckck

      insirasinya banyak kok
      bisa cek kaskus dan situs lainnya terus coba buat sendiri

      Delete
  7. riddle istilah baru bagi saya, makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas

      semoga kamu tertarik buat jawab juga ya

      Delete
  8. jadi pengen nyobain bikin tapi harus belajar dulu nih disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ke saya mas
      ke kaskus aja aatu situs lain yang lebih keren

      Delete
  9. Wah, aku baru tahu ada jenis fiksi yang disebut riddle. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya, riddle ini teka-teki yang disajikan dalam bentuk cerita, gamabr dan atau angka-angka gitu.

      Delete
  10. Karena ane belum pernah nemuin blog lain masang Riddle, jadi bang Ara spesialis Riddle buat ane :) Dari sini juga saya jadi tahu apa itu Riddle bang, makasih loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha makasih. padahal banyak yg lebih spesialis

      Delete
  11. ridel menarik juga bagi orang yang suka tantangan...mungkin bagi beberapa orang yang malas mikir malah dianggap membosankan, tapi jangan khawatir kalau sebenarnya semua topik kitu mempunyai massa tersendiri, tinggal kita menyajikannya semenarik mungkin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget nih mas

      dan saya yakin riddle saya ini bisa bertahan cukup lama

      Delete
  12. riddle ... ada hub dg "iddle" ?

    menarik sekali, saya baru tahu mas.. mantabz, mengocok pikiran, membuat makin haus n lapaaar utk menyantap sampai habis ceritanya.

    good written, u have t talent n skill .. Keep writing guy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gk ada hubungan apa=apa kok
      makasih mbak

      Delete
  13. Geniuuuus

    Besok besok aku mau coba perhatikan tantangan riddle berikute

    ReplyDelete
  14. ooh itu toh riddle haha gue baru tahu sekarang ra. kalau nggak lo jelasin gini gue mana tahu apaan sih nih rdal-ridelle haha

    ternyata susah juga ya bikin sudut panfang cerita riddle ini. gue ajah sampe pusing kalau lo kasaih tebakan. kalau dikasih duit mungkin gue bakal mati2an ngejawabnya haha (mata duitan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya saya nggak bisa kasih uang. hehe

      Delete
  15. Pertama kali mampir sini...
    Dan baru tahu apa itu Riddle..
    Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  16. Pertama kali kunjugan juga nih. Riddle - unik. Nanti saya baca-baca semua riddle-nya ah

    ReplyDelete
  17. Nemplok di sini trus aku jadi lama banget nemploknya.. ngebacain riddlenya trus buka jawabannya. Terus.. bagian yang paling seru adalah, bacain komentar yang isinya jawaban si riddle. hihihihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah. riddle emang seru kok
      paling seru kalau lihat jawabannya beda, bahkan bisa ribut gitu mana yg benerr

      Delete
  18. Aih baru ngerti soal Riddle di sini :) Mau ikutan baca aaahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu ya mbak
      udah lumayan banyak tuh riddlenya

      Delete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top