Thursday, September 24, 2015

// // 36 komentar

My Movie Is Death Note

Bagikan:

death note
sumber: http://insomnia.hexat.com/READ


Death note, catatan kematian.  Nggak bisa dibayangkan kalau ini memang beneran ada dan seseorang sedang menggunakannya.

Buat yang belum tahu apa yang mau saya bahas maka akan saya jelasin deh, buat yang udah tahu... hem, pengen punya buku ini nggak?.

Buat yang belum tahu, silahkan baca dulu apa yang tertulis di gambar atas ya, kalau mau.

Death note ini adalah sebuah film dari jepang. Sebuah film trilogy  yang berdasarkan dari manga populer yang berjudul sama yaitu Death note. Kisahnya sendiri berawal dari Light Yagami yang menemukan buku death note. Dia memakainya setelah membaca peraturan yang ada di buku dan mengetahui bahwa buku itu dapat membunuh seseorang hanya dengan menulis namanya saja di buku.  Kisah berlanjut ketika dia bertemu dewa kematian Ryuk.  Lalu juga bertemu detektif muda jenius yang bernama L (L/ Ryuzaki/ L. Lawliet  entah mana namanya yang asli).

Saya ingin menceritakan trilogy dari film death note ini. Saya nggak bisa bilang ini memberi inspirasi hidup  tapi yang jelas saya suka film ini dan sangat berkesan dengan jalan ceritanya. Bisa dibilang sangat keren.
 Mungkin postingan ini akan sedikit panjang karena saya akan membahas ketiga film tersebut.

1. Death Note ( Juni 2006)

death note 2006
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Death_Note_%28film%29

Film pertama ini menceritakan Light Yagami, seorang siswa jenius yang sangat menyukai belajar mengenai hukum. Namun, semakin banyak dia belajar semakin dia menyadari bahwa hukum tidaklah sempurna dan masih banyak penjahat yang masih bisa bebas dari hukum.  Dia merasa sangat muak dengan hukum yang seperti itu. Lalu kemudian Light Yagami menemukan sebuah buku Death note yang membuat siapapun yang ditulis namanya dalam buku itu, pasti akan mati.  Dia kemudian berpikir akan menggunakan buku death note itu untuk membersihkan dunia dari para penjahat dengan menghukum mereka semua lewat buku kematian tersebut.

Death note.  ryuk
ryuk.  http://www.comicvine.com/ryuk/4005-52039/
Light tidaklah sendiri, karena dia di temani oleh dewa kematian hitam bernama Ryuk yang mengatakan bahwa buku itu miliknya namun membiarkan Light menggunakannya. Di sini Light yagami di kenal sebagai Kira oleh para masyarakat.

Dari plot itu aja udah menarik. Seorang tokoh utama film menggunakan cara membunuh untuk menciptakan keadaan damai di seluruh dunia. Apalagi cara membunuhnya juga tidak biasa karena menggunakan buku yang merupakan milik seorang dewa kematian. Mungkin sedikit aneh ya, tapi ini alur filmnya sangat menarik.



Cerita berlanjut saat kemunculan L aka Ryuzaki  atau L. Lawliet, seorang detektif internasional yang mencoba menangkap Light Yagami yang bertindak sebagai Kira saat membunuh para penjahat dengan bukunya. Dengan kepintarannya, dia berhasil mengetahui keberadaan Kira ada di jepang. L juga bisa menyadari Light Yagami adalah Kira namun dengan kepintaran dan kelicikannya, Light Yagami berhasil lolos dari tuduhan L dan membuat L percaya dia bukanlah Kira.

Yang menarik di sini adalah pertarungan antara L dan Kira yang tidak pernah saling bertemu namun bisa saling mendesak keduanya dengan pilihan sulit.  Akhir film ini, Light Yagami akhirnya berhasil bertemu dengan L,   dia berpura-pura ingin membantu L  menangkap Kira setelah sebelumnya, pacarnya sendiri mati akibat Death Note.  Light sengaja melakukan itu agar bisa memancing L keluar.  Di sini ditunjukan kelicikan dari Yagami Light yang akan melakukan apa saja demi tujuannya tercapai. Meskipun harus membunuh orang yang dia kasihi.


Death Note : The Last Name  (Oktober 2006)

death note: the last name
sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Death_Note_2:_The_Last_Name

Ini adalah seri kedua dari Death Note. Kisahnya Light Yagami sebagai Kira berhasil masuk ke dalam unit investigasi yang di pimpin oleh L untuk menangkap Kira.  Light di sana memiliki tujuan untuk membunuh L yang sudah mengganggu rencanannya yang ingin membersihkan dunia dari penjahat.

Bisa dilihat menariknya film ini.  Dua ideologi saling bertentangan meski tujuannya hampir sama.  Light sebagai Kira menganggap membunuh penjahat dengan Death note adalah kebaikan dan akan bisa membersihkan dunia. Sementara L menganggap Kira hanya lah penjahat yang suka membunuh dan harus dihentikan agar dunia bisa damai.

http://manga.about.com/od/moviephotogalleries/ig/Death-Note-Movie-Gallery/Death-Note-2---Rem-and-Misa.htm
Misa dan REM
Film kedua ini menceritakan munculnya Kira kedua, yaitu Misa Amane. Seorang artis terkenal yang mendapat sebuah Death note saat dia hampir mati namun di panjangkan umurnya oleh dewa kematian lain. Misa ditemani oleh Dewa kematian putih yang bernama Rem. Misa menganggumi Kira karena itulah dia menjadi Kira kedua untuk membantu Kira asli demi untuk pembersihan dunia. Light Yagami memanfaatkan keadaan itu, dia mencoba menggunakan Misa untuk mencari tahu nama asli dari L. Karena buku Death note hanya bisa membunuh seseorang dengan nama aslinya saja. Namun sayang, Misa ketahuan oleh L yang mengakibatkan dia di penjara introgerasi. Yagami Mencoba membantu Misa keluar, dengan taktiknya dia menyerahkan diri untuk diinterogasi juga lalu meminta Ryuk dan Rem menghilangkan ingatan mereka dan memberikan salah satu Death note kepada orang lain.

Kisahnya berlanjut ke Yamada, seorang presenter acara TV mendapat death note dari Ryuk. Sama seperti Kira, dia membunuh para penjahat dan mencoba menaikan namanya di acara TV tempat dia bekerja.

Di sini perang strategi antara L dan Kira.  Dengan adanya Yamada yang membunuh para penjahat, akhirnya  Light dan Misa yang kehilangan ingatan tentang death note dibebaskan dari tuduhan.  L kemudian beralih dan mengincar yamada. Yamada terdesak hingga menjatuhkan buku death note yang dia miliki.  Light mengambil death note itu dan akhirnya  mendapatkan kembali ingatannya lalu membunuh yamada dengan kertas death note yang ada di jamnya.  Death note di temukan dan saat orang memegangnya mereka dapat melihat sosok Ryuk sebagai dewa kematian.

Menurutku film kedua ini keren dengan alurnya. Memang beda dari manga tapi sangat cocok dan tidak mengecewakan. Akhir film ini cukup mengejutkan. Di sini  Light berhasil membunuh dewa kematian REM dan memanfaatkannya. Light juga berencana membunuh semua orang yang ada di markas investigasi termasuk ayahnya sendiri namun akhirnya harus kalah oleh keberanian L.  Dia mencoba menulis nama L di death note namun sayang L sudah menuliskan namanya terlebih dahulu hingga membuat dia tak bisa mati sampai batas waktu yang di tentukan.

Akhir di film, Light yagami atau Kira mati oleh death note miliknya sendiri. Light mati dibunuh oleh Ryuk yang sudah merasa bosan pada Light.  Di sini Ryuk bicara.  Tak ada kebaikan bagi orang yang mati setelah menggunakan Death note.  Apa yang menunggunya bukanlah surga ataupun neraka.  Lanjutannya aku lupa, tapi yang pasti itu bukan tempat yang bagus untuk kematian.  Film ini juga sedih buat L karena dia kehilangan ayah angkatnya Watari.


Death Note: L Change The World  (Februari 2008)

death note 3
sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/L:_Change_the_World
Di film kedua, L menulis namanya sendiri pada death note deng ketentuan dia akan mati dalam 23 hari ke depan. Film ini menceritakan kehidupan L 23 hari sebelum kematiannya.  Kita yang nggak tahu kapan waktu kematian aja pasti takut.  Ini gimana rasanya kalau udah tahu pasti kapan kematian kita, pasti ngeri kan.


Film ini ceritanya, L harus melawan organisasi yang di dukung oleh K yang berniat menyebarkan sebuah virus mematikan. L sendiri di sini harus merawat seorang anak  laki-laki dari thailand yang ternyata jenius  dan juga gadis cilik bernama Maki  yang ayahnya seorang profesor sekaligus pengembang virus mematikan itu.  Ayah Maki dibunuh namun dia berhasil menurunkan anti virus pada diri maki yang bisa diteliti oleh orang lain untuk membuat obat dari virus tersebut.

Di film ini agak kurang menarik sih, tapi ini juga sedikit menjelaskan asal usul L yang berasal dari panti asuhan milik Wataru. Akhir film berada di dalam pesawat. semua orang terkena virus dan hampir mati. Hanya L yang bertahan karena memang bukan saat itu waktu kematiannya. Masalah virus itu terselesaikan. L akhirnya membawa anak laki-laki dari thailand ke panti asuhan tempat dia berasal. Lalu memberikan dia sebuah nama  Near.  L sendiri akhirnya mati di keesokan harinya, sesuai seperti yang tertulis pada death note kehidupannya berakhir setelah 23 hari.

Kalau ngikutin manga,  Near itu pengganti L setelah kematiannya.  Manganya sendiri belum tamat.  karena di manga, Kira masih hidup sementara L yang mati karena DEATH NOTE.  Pertarungan antara Kira (Light) dan L (Ryuzaki L lawliet)  diteruskan oleh pengganti L yaitu  N (Near)  dan M (Mello).

======================================================================

Itulah film yang saya sukai.  Ingin saya jelaskan lagi rincian filmya  tapi takutnya kebanyakan dan malah akhirnya pada bosen baca postingan ini.

Yang pasti sih, film Death note ini sangat bagus dan sangat saya sukai.  Karena itulah saya sebutkan sebagai film yang saya sukai dan sangat berkesan ketika saya menontonnya. Dan untuk karakter yang saya sukai.  yaitu  Light Yagami  atau Kira.  Walau niatnya jahat  tapi sampai akhir dia teguh sama keyakinannya.  Itu yang aku suka.

Light Yagami / Kira







36 comments:

  1. Saya juga ngikutin death note ini juga gan
    Ada yang baru lagi gan, tahun 2015 ini udah tayang loh Death Note Series, ada 11 episode ceritanya berbeda banget dari semua yang ada soalnya disini kejeniusannya paling menonjol.

    Tapi kalau diliat saya masih suka dengan yang di anime nya, soalnya ceritanya kompleks banget sampe Kira mati, sebenarnya sih keduanya tidak ada yang salah dan tidak ada yang bener secara hukum. Tapi beneran kalau baru nonton ini pasti puyeng dengan ideologi keduanya.

    Tambahan gan, sebenarnya peraturan death note itu bukan 5 aja, sebenarnya ada lebih dari 50 aturan tambahan, dan beberapa diantara emang berasal dari pemikiran penggunanya. Tapi ada peraturan yang pasti dan tidak tertulis di death note kecuali pengguna menanyakan langsung ke shinigami nya kalau emang penasaran
    - buku kematian yang jatuh kedunia manusia terbatas hanya 6 buku saja
    - lembaran death note tidak akan pernah habis meski di sobek atau digunakan secara terus-menerus
    - buku kematian yang hilang harus ditemukan selama 1 tahun, jika lewat maka pengguna akan kehilangan hak atas buku kematiandan digantikan oleh pengguna baru yang mencurinya.
    - dewa kematian tidak akan langsung muncul di hadapan penggunan sebelum melewati 40 hari pertama pengguna menemukan buku.

    sebenarnya masih banyak gan cuman itu aja yang menurutku unik, info tambahan juga
    Tahun depan Death Note series 2 akan tayang tahun 2016, katanya akan menayangkan keturunan Kira dan L yang akan menghadapi 6 penggunan death note lain di dunia. Tujuan jelas berbeda, keturunan kira yang pengen ngumpulin death note buat kembali membentuk impian kira, dan keturunan L yang mau death note di kumpul dan disimpan ke dunia supaya tidak kembali ke shinigami dan jatuh ke tangan yang salah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tahu kok. saya pengen jelasin semua termasuk 12 aturan yang tertulis di sampul sama 1 aturan palsu yang dibuat kira. tapi takutnya kepanjangan. eh itu yang series dua kayaknya beda dengan yang manga ya

      Delete
    2. yang 2015 ini malah menurutku kurang bagus loh. kayaknya

      Delete
  2. pernah nonton film keduanya yang masih kabur tentang alur ceritanya. Oh ternyata setelah baca resensi film ini jdi mengerti. Bagus ceritanya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus nonton yang pertama dulu gan
      biar nyambung

      Delete
  3. ceritanya serem-serem.. hiiiiiiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. banyak pembunuhan tapi gk tusuk-tusukan yang ada nulis di buka dan akhirnya kena serangan jantung

      Delete
  4. Suka banget sama filmnya, sering nonton ulang ulang kalo lagi BT.. kalo menurut saya ini film yang cerdas, memainkan emosi dan punya karakter yang kuat. cuma saya belum nonton versi animenya, cuma versi filmnya aja. Endingnya juga nggak ketebak, saat nonton ini jadi ngefans sama ryuzaki... hihihi... meskipun agak aneh sih orangnya, tapi ternyata dia pinter banget... kalo film ketiganya gak ada cerita tentang death notenya secara umum beda sama yang pertama dan kedua. yang ketika tinggal menunggu kematiannya L.. dan itu sedih bangeeeet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang ketiganya itu beda alur dengan yang 1 dan 2 makanya nggak ada sangkut pautnya sama death note. tapi bersambungn sama Near, penerus L walau Millo gk ada di film sih

      Delete
  5. udah sering banget denger judul film deathnote, tapi baru kali ini tau secara rinci. thanks yaa infonya^^

    bagus sih tujuan Light untk memusnahkan pnjahat yg mlanggar hukum, tp knapa dy hrus ngebunuh kkasihnya sndri? kan tega bangeet -_-

    untung aja didunia ini nggk ada buku kematian kaya gt, smpat ada kan seram jg, apalagi klo d pgang sma orng yg slah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini masih lum lengkap kok, masih banyak alurnya

      diA bunuh kekasihnya agar si L keluar dari markas intrograsi sekaligus ngasih alasan ke Light agar dia bisa masuk ke bagian investigasi yang di pimpin L. dia ingin bunuh L dari dalam.

      Delete
  6. Keren nih reviewnya... jadi pengen nonton filmnya....
    oh jadi deathnote ini dari manga trus dijadiin film ya...
    biasanya pasti beda ceritanya... trus si kira ini pemeran utamanya ya...
    disatu sisi dia baik karena pengen membunuh semua penjahat, tp ntar kalo...
    penjahatnya abis, dunia ini malah bingung dong... apa gunanya polisi nanti, hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini termasuk review ya

      saya sendiri kurang tahu loh

      Delete
  7. Dari dulu cuman denger2, ngga pernah nonton. Katanya sih seru, tapi ngga tau juga, nanti deh gue nonton~

    ReplyDelete
  8. Saya juga sangat suka dengan death note.
    Pertama tahu death note itu animenya waktu masih SMA, dan teman sekelas memberitahukan filmnya dan setelah nonton ternyara filmnya bagus, keren pokoknya..

    Saya sudah baca akhir manganya, ada sedikit yang beda dengan filmnya, kalau manganya L lebih dulu mati dibanding Kira, dan near yang akhirnya berhasil menangkap Kira. Sedangkan di filmnya Kira yang lebih dulu mati, dan near baru muncul pada film yang ketiganya...

    Oh iya, yang benar itu Wataru atau Watari, Millo atau Mello, jadi bingung...

    ReplyDelete
  9. okee, thanks info detail ttg filmnya :) bisalah aku masuin wishlist. (nyambung komen aku diatas hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, silahkan-silahkan bagus kok ini filmnya

      Delete
  10. Pengen bangetlah punya buku death note. Dan akan gue pergunakan dengan sebaik mungkin.

    Death note: Koruptor2 yang ada di Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, hati-hati ntar terpengaruh kayak Kira

      Delete
  11. Saya kurang tahu dengan film ini, jadi saya akan cari tahu nanti kalau menarik saya download kalau tidak ya gitu.. sekali ngikutin pakai bahasa formal gitu.

    Tapi aku emang beneran gak tau apa itu death note, pernah nonton filmnya sekilas. Yang aku tau dari death note cuma buku yang kalau kita nulis namanya dan wajahnya dia akan mati mendadak gitu. Itu aja baru tau dari kaskus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, selama penggunanya tahu nama dan wajah orang yang mau di bunuh, ya mati orangnya. bisa diatur juga, mau serangan jatung, tertembak dan lain-lain

      Delete
  12. Death note.. Film ini emang seru banget menurut gue, soalnya aturan untuk ngebunuhnya emang seperti gak logi gitulah. Gra2 nulis namanya jadi mati. Tapi, ya karena ada dewa kematian, makanya film ini makin seru dibuatnya. Seakan ada pengatur kapan ia akan Mati.

    Kalo jujur sih, film ini yg bikin serem adalah teknik penulis ngembangin cerita. Kok biss kepikiran sampe serapi ini. Bahkan, yang pake dewa kematian gitu, ada juga di bleach.... Tapi fungsinya udah beda... Hehehe

    Yg jelas, gue terkesan sama filmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini penulisnya aja masih misteri loh, kalau nggak salah

      salah satu karyanya yang lain juga keren banget. Bakuman. cerita tentang sulitnya seorang mangaka berjuang membuat karyanya jadi terlkenal. mengejar impian dengan segalaa tantangannya

      Delete
  13. wuhuhuhu.... aku udah nonton sampe tamat versi animenya tapi kalau movie sih belom.
    Soalnya pas nonton movienya yang ketiga L change The world gak enak aja gitu nyeleneh dari versi animenya makanya gak suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang beda sih dari anime dan manganya tapi yang 1 dan 2 cukup keren kok walau emang ada yang berbeda tapi bagiku tetap keren

      Delete
  14. Dari alur yg diceritakan film ini pasti sangat keren..apalagi diadaptasi dari manga jepang yg ga bisa diragukan lg jalan ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. asli keren ini mbak

      saya aja suka langsung pas petma nonton

      Delete
  15. gue pribadi pernah nnton yg kartunnya doang sih. tapi bntaran doang. mikirnya ya cuman gitu, org nulis nama di buku terus mati. tapi ga tau ternyata se seru itu.

    pernah liat bentar jg sih yg film dengan manusia asli. boleh dah nih, ntar d cari buat d tonton. keren'' nih. ampe tiga lagi. mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru loh, soalnya trick dan manipulasinya itu yang bikin keren

      coba aja tonton

      Delete
  16. ngeri review nya, lumayan berasa, hehe. Eniwe saya nonton movienya yang The Last Name, sebelumnya tau ada animenya tp bisa dipastikan nggak bakal kesampaian nonton yg sepanjang2 itu.
    Ni film menurut saya tergolong cerdas, rada keji sih dengan idenya, hehe... tp luar biasa *pake prok-prok-prok* baru kali ini akhirnya saya bisa nge fans sama dua tokoh yang bertolak belakang sekaligus Light dan L, ampun deh pintarnya. Latar belakang keduanya mendukung, karakternya kuat dan jeniusnya itu lho..makan apa ya mereka?
    Endingnya meskipun kebetulan bisa ditebak, tp bagian yg dibuat muter2 en jelimet itu bikin puas akhirnya.

    Pesan yg saya dapat dlm film ini : pikiran manusia bisa lebih serem dibanding tampang dewa kematiannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaah bener banget tuh, manusia ternyata lebih kejam dari dewa kematian. ckckck

      cuma yang the last name aja ya nontonnya

      Delete
  17. aku udah nonton ini, seru banget, makasih ya atas partisipasinya

    ReplyDelete
  18. hai salam kenal! Ih aku juga ngikutin film ini sampe abis. sampe diulang-ulang, sampe dulu beli yang bajakan, rusaknya cepet karena ditonton terus.. sampe beli yang aslinya juga hahaha. bagus banget ni film. ganteng pula! duh

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top