Wattpad Kecolongan

Hallo,  adakah dari kalian yang menulis cerita  dan update tulisan di wattpad?

Kalau ada mungkin sudah tahu ya kabar soal ini. Tentang banyak cerita yang ada di wattpad sudah di copy paste  dan di upload ulang di website lain.  Yap,  wattpad kecolongan.

Saya sendiri baru tahu kabar soal ini kemarin dari grup yang saya ikuti. Salah seorang teman sesama penulis di sana ngasih kabar itu, saya sendiri baru bisa memastikannya tadi pagi setelah online di laptop.

Dan bener aja,  cerita saya beneran di copy paste di sana.  Bukan hanya cerita saya, cerita milik teman lainnya dalam grup dan banyak cerita penulis wattpad lain yang ikut di copy dalam website tersebut. Berikut ini penampakan dan buktinya.

kiri  dari wattpad  kanan  dari website  yg copas.
Judulnya sama, covernya sama,  bahkan apa yang tertulis  termasuk nama pengarangnya pun sama.

Saya nggak ngerti apa maksud pembuat website ini  yang jelas rasanya jengah banget  kalau  hasil karya  kita  diambil dan dipublis tanpa izin terlebih dahulu.

bukti lain.












Apa yang tertulis benar-benar sama.

Ini bukti cerita lain yang di copy dari wattpad.

dari wattpad

dari web copas


---------------------------------------------------------------------------------------------------
dari web copas


dari wattpad.



Semuanya sama  baik judul, cerita,  bahkan nama pengarang.  Entah apa tujuannya  yang jelas ini sangat meresahkan.

Sampai saat ini website tersebut masih update terus dengan cerita-cerita baru. Entah bagaimana dia melakukannya  sampai bisa mengcopy cerita yang ada di wattpad.   Wattpad ini termasuk situs besar loh, yang sudah pasti  punya pengamanan sendiri terhadap  orang-orang yang suka  copas cerita.

Yang saya denger sih,  katanya  wattpad sempat maintance dan mengubah pengaturannya hanya bisa di read only.  Ya semoga saja  pihak wattpad bisa mengatasi masalah ini.

Saya sebagai salah satu penulis yang karyanya di copas  hanya bisa melapor saja ke pihak wattpad dan menunggu mereka mengatasi masalah itu.

Komentar

  1. Wah wah gawat nih pencurian tuh namanya...
    Tapi mau gimana lagi gan namanya juga dunia maya apapun bisa diambil.
    Sempet saya coba situs wattpad ini isinya bagus juga gan, saya aja baru baca dan tau situs ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas. itulah sulitnya kalau di internet

      wattpad ini emang situs udah terkenal mas. banyak yg nulis di sana

      Hapus
  2. waah parah bener yah?
    semoga cepet kelar masalahnya. emang gak enak kalo hasil karya di copy tanpa ijin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh. banayak juga penulis yang marah tuh

      Hapus
  3. Wah kalau itu sih tujuannya ya biar konten bisa banyak dalam waktu sekejap daripada pusing2. Semoga teman2 bisa bersatu untuk protes spy pengelola website mau kerja sebagaimana mestinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. sebenernya pengen banget ngelapor ke google gitu biar webnya di block atau apa gitu

      Hapus
  4. Itu sebabnya aku gak pernah nulis cerpen di media terbuka sepertj blog atau watty. Pernah sih bebetapa kali seperti di notes fb. Itupun karena tujuan yg jelas yaitu utk lomba. Jadi tulisan dipublish umum itu memang untuk Umum.

    kalau uda gini,penulis sendiri kan yang rugi? :D
    kecuali memang penulisnya gak masalahi ini. Niatnya tulus utk mengeluarkan ide tanpa peduli hak penulis.
    nah, kamu termasuk yang mana?

    BalasHapus
  5. Kata bang Alitt, Kalo kita kita sudah melepas/mempublish karya kita. Orang berhak copy/curi atau apapun. Karna dia cuma dapat hasilnya, kita punya kreatifitas dan ide itu sendiri.

    BalasHapus
  6. Aku tau wattpad ini dari orang-orang yang bikin fanfict tentang member jkt. Dasar wota.
    Tapi sesuatu yang udah disebar di internet ya artinya sudah bukan hak milik lagi, orang-orang berhak memakainya kayak komen kak Vindy itu. Tapi ya gak bisa dibenarkan juga sih, harusnya izin dulu apa gimana gitu.

    Emang dari wattpad gak ada kebijakan supaya cerpen yang ditulis disitu tidak dicopas oleh orang lain? Entah diprivasi atau gak bisa klik kiri gitu?
    Semoga masalahnya cepet selesai ya :)

    BalasHapus
  7. Kok bisa ya, atau mungkin para copaser nulis ulang semuanya, tapi apa nggak pegel tuh tangan. kalo emang bisa dicopas, seharusnya bisa diaktifin klik kanan anti copy. BTW, kalo boleh tau apa judul cerita mas Ara nih? Keren euy, ceritanya dimuat di wattpad. Teman saya yang hobi baca wattpad, kalo saya sih belum install aplikasinya, hehehe... Semoga kejadian serupa nggak terulang lagi ya.

    BalasHapus
  8. Di bagian bawah webnya ada keterangan bahwa cerita dikumpulkan dari berbagai sumber di internet. Secara hukum mungkin nggak bisa disalahkan, tinggal memang etika aja mestinya admin webnya minta ijin ke penulis aslinya atau minimal ngasih link ke sumber aslinya...

    BalasHapus
  9. Menurut gue, orang yang punya website copas itu, tidak punyak hati. Kenapa gue bilang gitu? Iya, karena dia nggak bisa ngehargain karya orang lain. Masih ada aja zaman sekarang orang kayak gitu ya. Semoga semua cepat selesai ya.

    BalasHapus
  10. Kak, maaf mau tanya alamat websitenya apa ya? Was-was sama ceritaku di wattpad soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu di gambar adda
      bacaceritatop,,com nama webnya

      Hapus
  11. waaahhh...
    website sebesar itu...


    tapi temen2 ku di blogger betuah. mereka pada ahli nge hack web orang.. jadi isi web lain bisa masuk ke blog dia secara otomatis, tanpa perlu di copas satu persatu.

    kamu ternyata suka nulis di wattpad?

    BalasHapus
  12. terima kasih ya sudah kasih info :]

    BalasHapus
  13. itu copas tapi masih mending mencantumkan nama penulisnya, ada yang copas tanpa mencantumkan nama penulisnya. Tidak ada yang tidak mungkin, website sebesar wattpad aja masih bisa di tembus. Berarti sistem pengamanannya kurang bagus, mungkin.

    BalasHapus
  14. Waduw gawat banget sih. Semoga masalahnya cepat selesai ya.

    BalasHapus
  15. yang sabar yah mas, udah gak aneh kalo tulisan dicopas orang lain

    BalasHapus
  16. Pernah si ada cerpen gue di cerpenmu dimuat di web lain

    BalasHapus
  17. .kalo di search di my search gx kebaca

    BalasHapus
  18. artikel yang bagus gan...senang bisa berkunjung ke sini.
    silahkan berkunjung ke blog kami

    BalasHapus
  19. Nggak rela banget kalau cerita sendiri dicopas :(

    BalasHapus
  20. hadeh.. memang sulit mas ngindari copas artikel hehehehe

    http://obatginjalbocor.apotekgumilar.com
    http://obatginjalbocorterampuh.blogspot.com
    http://goo.gl/CvwbRS

    BalasHapus
  21. Iya, saya juga ceritanya di copy. Kesel banget, sampai mau saya giles itu yang copy cerita saya. Tapi sepertinya pihak wattpad belum kasih tanggapan untuk cerita yang di copy sama penulis lain, karena saya sudah coba melapor dan belum ada tanggapan.

    BalasHapus
  22. saya juga ceritanya di copy sama penulis lain. semoga yang copy itu sadar dan tidak mengulang kesalahannya lagi. dia punya otak yang Tuhan berikan untuk berekembang dan berkarya, gunakan hal itu untuk membuat sesuatu yang berguna dan bukan untuk mengcopy cerita orang lain.

    Semoga pihak wattpad menaggapi hal ini dengan sigap, sehingga tidak ada lagi penulis yang karyanya di copy oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  23. saya juga ceritanya di copy sama penulis lain. semoga yang copy itu sadar dan tidak mengulang kesalahannya lagi. dia punya otak yang Tuhan berikan untuk berekembang dan berkarya, gunakan hal itu untuk membuat sesuatu yang berguna dan bukan untuk mengcopy cerita orang lain.

    Semoga pihak wattpad menaggapi hal ini dengan sigap, sehingga tidak ada lagi penulis yang karyanya di copy oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  24. saya juga ceritanya di copy sama penulis lain. semoga yang copy itu sadar dan tidak mengulang kesalahannya lagi. dia punya otak yang Tuhan berikan untuk berekembang dan berkarya, gunakan hal itu untuk membuat sesuatu yang berguna dan bukan untuk mengcopy cerita orang lain.

    Semoga pihak wattpad menaggapi hal ini dengan sigap, sehingga tidak ada lagi penulis yang karyanya di copy oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  25. saya juga ceritanya di copy sama penulis lain. semoga yang copy itu sadar dan tidak mengulang kesalahannya lagi. dia punya otak yang Tuhan berikan untuk berekembang dan berkarya, gunakan hal itu untuk membuat sesuatu yang berguna dan bukan untuk mengcopy cerita orang lain.

    Semoga pihak wattpad menaggapi hal ini dengan sigap, sehingga tidak ada lagi penulis yang karyanya di copy oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    BalasHapus
  26. Bagaimana cara melaporkan ke pihak wattpadnya kak? Sekarang aku jadi korbannya, karyaku di copas dan mengatasnamakan miliknya, sungguh aku tidak terima, aku sudah memberi peringatan untuk menghapus cerita copasnya, namun sepertinya dia tidak peduli, bagaimana ini kak? Tolong vantu aku

    BalasHapus
  27. Kalau dulu saya pernah punya akun di watty, udah lumayan dikenal tapi setelah beberapa bulan off, mau masuk lagi eh akun ane berubah jadi milik orang lain. Pas aku kirim pesan ke dia, dia gak bales, ya sudah aku ikhlas masalah akunku yang diambil tapi tidak dengan karyaku. Syukur semua sudah selesai karyaku udah di delete, tapi Sekarang ane berjuang lagi dari nol

    BalasHapus

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Postingan Populer