Friday, June 26, 2015

// // 30 komentar

#26 - Takjil Berbuka Yang Saya Inginkan

Bagikan:

Hallo, selamat sore blogger.

Nggak terasa udah lebih dari seminggu nih kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tentunya ada banyak cobaan selama kita menjalankannya namun jika berhasil terlewati, rasanya itu pasti enak banget dan berkah juga buat kita.

Ngomongin masalah puasa, kalian pasti punyakan keinginan untuk makan apa aja pas mau buka. Saya juga tuh, ingin ini ingin itu, hasilnya bukan kurus malah tambah gemuk dan pengeluaran juga tambah meningkat.  Bukannya ibadah malah jadi mudarat karena berlebihan pas mau buka.

Tapi, namanya manusia tentu sangat wajar punya keinginan kayak gitu.
Keinginan itu perlu namun harus bisa kita tahan agar baik juga bagi kita.

Oh ya, mau share nih beberapa takjil yang pengen banget saya cicipi untuk bulan puasa ini.  Ya selalu sama sih tiap Ramadhan tapi entah kenapa kesannya berbeda tiap mau puasa apalagi ada beberapa makanan yang hanya muncul pada bulan suci ini aja.

1. Es Blewah
  
rumahasri.blogdetik.com




   Mungkin  untuk es ini kalian menyebutnya es timun suri. Tapi yang jelas di tempat saya ini namanya es blewah.   Rasanya seger, apalagi ini esnya pake santan yang dikasih gula merah. Pake es bikin tambah seger lagi.  Haus tuh langsung hilang pas minum nih es. Dan  uniknya, ini buah hanya muncul pas Ramadhan doang.


2. Kolang kaling


infojajan.com

Salah satu makanan yang juga hanya muncul pas Ramadhan. Rasanya kenyel-kenyel gitu kalau di kunyah dan yang pasti enak. Suka dicampur sama cendol dan es lainnya. Makin tambah enak tuh kolaborasi rasanya di lidah.


3. Laksan dan Celimpungan

Laksan - pempeksetia.com
Celimpungan  - id.wikipedia.com

Dua makanan ini adalah khas dari palembang, sama seperti pempek. Bahan pembuatannya pun sama, pakai ikan, terigu dan bahan lainnya.  Yang jadi pembeda yaitu, pempek memakai cuko sedangkan laksan dan celimpungan memakai kuah dari santan.

Laksan pakai kuah orange yang berasal dari  bahan cabainya,  jadi ini cukup pedas. Bentuknya pun lonjong seperti pempek lenjer yang dipotong-potong. 

Celimpungan yang pakai kuah kuning, yang ini agak sedikit manis.

Dari keduanya saya suka laksan.  Ini makanan setiap hari ada sih yang  jual. Tapi makan ini pas buka, rasanya lain.  Terasa lebih enak (Iyalah, kan laper).


4. Pempek Lenggang

resepmasakanmudah.com
Ini salah satu jenis pempek yang ada di Palembang. Isinya adalah potongan pempek dan juga telur yang dipanggang di atas api. Yup, ini pempeknya dibakar gitu pake alas dari daun pisang.  Makannya seperti biasa seperti pempek lainnya.  Taruh di piring, siram cuko taburi potongan timun dan juga ebi.  Mantep dah rasanya.

5. Sop buah
duniainter.net

Siapa sih yang nggak suka nih minuman. Udah populer juga kan di berbagai provinsi. Rasanya enak dan seger. Banyak buah juga isinya, harganya lumayan dikantong saya.  paling cuma 10 ribuan.  Dapet komplit buah.  Oh ya, tiap penjual suka beda-beda isinya... jadi bingung mau nyebutinnya  :v

Satu hal yang saya suka dari ini minuman adalah adanya rumput laut di dalamnya.


6. Kolak
Resepmasakankreatif.com

Dikeluarga saya tiap puasa pasti identik sama kolak. Entah kolak pisang, ubi ataupun labu  dan bisa juga kolak dari roti.  Bagi saya ini cukup enak, apalagi kolak ubi. Kesukaan saya itu\


Segitu aja dulu deh
kalau nanti masih ada akan saya update menjadi  Takjil berbuka yang saya mau part II. 
ceileh... alay amat


selamat berbuka ya
Selamat malam.

30 comments:

  1. wah enak banget nih mas menu buka puasanya, mau donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru kesampean makan yang kolak sama es blewah aja nih gan

      Delete
  2. Waduuhh.. Bahaya nih kalo baca nya pas lagi puasa, menggoda iman banget! Gausah pas lagi puasa deh, pas udah buka aja masih ngiler ngeliat ini...

    Iyatuh timun suri adanya di bln ramadhan doang, pdhal bulan ramadhan jg kan bulannya selalu ganti2 ya? timun suri dipakein sirop sm es jg udh seger bgt tuhh.. Ahsedapp..

    Biji salak kok gak kesebut? Hehe.. Aduhh sop buah.. Pempekk... Paketin pempek nya ke bekasi dong kak.. Biasanya pempek yg bener2 asli dari Palembang mantep tuh rasanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan, rasaya aneh banget.. masa ikutin ramadhan itu buah panennya.

      biji salak?
      nggak pernah makan

      Delete
  3. awwww aku mau semua maruuuuk

    ReplyDelete
  4. Wuiihh...., salah satu postingan kesukaan saya, membahas tentang makanan.
    Favorit saya dari daftar di atas itu sop buah. Di rumah juga sering buka dengan kolak, tapi kalau kolak dari roti belum pernah. Laksan dan celimpungan saya belum pernah coba, kayaknya memang tidak ada di daerah saya, Makassar. Tapi kalau dilihat di atas sepertinya enak laksan dan celimpungannya. Pempek lenggang juga kayaknya enak.
    Wah.., semua sepertinya enak2.

    Kalau makanan khas kota saya yang selalu ada di bulan Ramadhan itu es pisang ijo. Setiap tahun di rumah pasti buka dengan es pisang ijo, tapi tidak setiap hari juga, kadang2 berbuka dengan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. es pisang ya
      pake pisang raja bukan tuh
      kalau pisang raja pasti enak tuh.

      kalau dri semua ya enak yang laksan

      Delete
    2. Setahu saya pakai pisang raja. Iya enak, itu menu buka favorit adik saya...

      Dilihat dari gambarnya saja sudah terlihat enak laksannya, dengan kuahnya yang merah, hmmnn jadi ngiler ingin coba... (hati-hati saliva turun)

      Delete
  5. aku sih, mngidam-idamkan air putih dingin. :D seger rasanya. Akubkalau puasa lebih ke haus sih. Dan air putih lebih bisa menghilangkan dahaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih... dirumah juga selalu nyedian es walaupun udah ada teh atau kopi

      Delete
  6. astagfirulloh, makanannya bikin saya jadi pengen buka puasa :D

    ReplyDelete
  7. Saya cukup sop buah aja takjil'a kalo semua takut ga muat ahaha :D

    ReplyDelete
  8. Duh enak2 semua.....
    mampue balik ya! Ke jevonlevin.com !

    ReplyDelete
  9. waduh.... ngiler saya...
    seandainya bisa menikmati itu semua... hehehehee...
    sop buah dan pempeknya itu lho ya bikin ga nahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan
      sop buahnya itu seger bangt tuh

      Delete
    2. itu memang pas banget untuk memberikan kesegaran yang mantap..
      tampilannya juga sangat mengundang selera ya..
      ciamik dah..

      Delete
    3. yup, bener
      tapi kadang ada yangkemanisan air gulanya, tambah sirup tambah susu

      Delete
  10. Paling segar minum es buah mas tapi biasanya buka puasanya pakai kurma dulu dilanjutkan makan nasi baru minum es buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan

      wah langsung makan nasi ya gan

      Delete
  11. Wah bikin ngiler nih postingannya. Semuanya enak kok... Kirim lah satu ke blog saya

    ReplyDelete
  12. saya ngiler ama sop buahnya doang hhe

    ReplyDelete
  13. Kalo aku paling seneng berbuka dengan Sop bUah enyak2

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top