Tuesday, June 23, 2015

// // 32 komentar

Jawaban Riddle #6

Bagikan:



Selamat sore para blogger
garvingoe.wordpress.com

 
Semoga masih kuat ya dalam menjalankan puasa hari ini sampai azan magrib berkumandang.

Tibalah saatnya menjawab riddle 6 yang kemarin saya posting. Banyak yang jawab, banyak yang salah tapi juga banyak yang bener. Sayangnya yang bener ada yang nggak memberi penjelasan tuh. Kenapa bisa gitu?


Oke untuk jawaban simple aja ya.  Karena beda golongan darah.
 
Iya, kedua orang tua itu memiliki golongan darah yang berbeda dari sang putri. Misal kita ambil nih.

Si ibu golongan darahnya A

Si ayah golongan darahnya B

Karena mereka semua golongan darahnya beda dari si anak maka golongan darah si anak adalah O.

Loh, berarti si anak bukan anak kandung mereka dong?

Sayang banget, si anak itu asli anak kandung mereka berdua.

Loh kok bisa? Kan golongan darahnya aja udah beda.


Ini penjelasannya.

Golongan darah itu diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Dalam tiap darah mengandung sepasang genotif. Ada dua nih tipe genotif pada golongan darah.

1.   1.   Homozigot: mewarisi genotif yang sama dari orang tuanya.
Ex,
A :  IA IA
B :  IB IB
AB :  IA IB
O :  IO

2.    2.  Heterozigot: mewarisi genotif yang berbeda dari kedua orang tuanya
Ex,
A : IA IO
B : IB IO


Dari sana bisa kita bisa ambil kalau golongan darah kedua orang tuanya itu A heterozigot  dan B heterozigot. Karena golongan darah itulah yang punya peluang memwarisi anak dengan golongan darah O.

Kita coba perhitungannya nih.

A : IA IO            B : IB IO


kalau mereka menikah dan punya anak, maka kemungkinan golongan darah anaknya adalah sebagai berikut.

Golongan darah
IB
IO
I A
IA IB
IA IO
IO
IB IO
IO IO


Kemungkinan golongan darah anak,
AB: IA IB                                    B : IB  IO (heterozigot)
A : IA IO (heterozigot)           O :  IO

Lihat tabel dan hasilnya,
Jadi meski kedua orang tuanya memiliki golongan darah A dan B bisa saja terjadi mereka memiliki keturunan yang bergolongan darah O.

Buat kalian yang sudah menikah, jangan curiga ya jika nanti kalian punya anak yang beda golongan darahnya dari anda. Ya walaupun kejadian beda golongan darah ini kayaknya nggak  banyak terjadi.


Maka, itu penjelasan dari riddlenya. Kenapa mereka tidak bisa mendonorkan darah pada putri mereka.

yang bener dan lengkap menjawab menurutku adalah  Rhiski Arpilianto dan juga Elang wicakso.

Selamat ya! 

32 comments:

  1. Sayang banget enggak jawab riddle yang kemarin. Kayaknya riddle kali ini lumayan susah, atau susah malah. Soalnya perlu mikir sampe segitu. Pasti banyak yang enggak mikir soal golongan darah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, kebanyakn terpancing karena biasanya saya pake misteri

      Delete
  2. kalau urusan kayak gini saya kurang tahu deh mas, tapi saya nyimak dulu siapa tahu kedepan pengen

    ReplyDelete
  3. Wuih keren. Cerita genetika nih. Bisa buat soal ujian :)

    Btw, aku udah follow blognya. Folbek blogku di www.niaharyanto.com juga, ya. Hehehehe... fakir follower nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ahaha
      buat ujian mah masih mudah ini

      Delete
  4. o jadi nggak setiap anak itu mempunyai golongan darah yg sama dengan orang tuanya yamas.

    ini pengetahuan baru bagi saya.terimakasih telah berbagi dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa aja nggak sama.
      Makanya cek ke dokter biar bisa lebih yakin

      Delete
  5. Jiaahh.. Sesimpel itu ternyata?? Jadi gak ada sangkut pautnya sama mistis2? Yahh.. Salah lagi dah.. Wkwk..

    Btw, jd inget pas smp nih belajar tntang heterozigot/homozigot gtu2 di pljrn biologi.. Hehe.. Saking rajinnya ampe nanya ke nenek gol darahnya nenek sm kakek apa, dlu diajariinnya pake bagan, trs bkin bagannya deh smpe ktmu gol darah anak2nya.. Pas aku tnya eh bener :D Skrang udh lama gak bljar ginian. WKwk #Udahgituaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang pelajaran biologi nih
      saya belajar malah pas SMA

      Delete
  6. gue pernah ni belajar beginian wakt sma dulu. biologi. juga mempelajari jengger ayam... memang, golongan darah bisa beda dengan org tuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi nggak terlalu besar kemungkinannya

      Delete
  7. Nah bener gue mah, penjelasan logisnya cuma karena darahnya gak cocok aja. Cuma gak lengkap aja :p

    ReplyDelete
  8. Saya juga pernah bertanya-tanya tentang anak yang goldarnya beda sama ortunya. Nah, di sini dijelasin pakai rumus segala. Ciamik. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahah
      mumpung mood nulis lagi ada
      ya dijelasin juga ilmiahnya

      Delete
  9. Hmm, aku kemarin juga jawab golongan darahnya beda tapi ternyata mesti ada penjelasannya biar bener.

    Ini caranya kayak mau jawab soal matematika tapi mesti pakai caranya, kalo nggak ada dianggap salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha
      iyalah, semua jawaban pasti butuh alasan kenapa bisa sampai seperti itu

      Delete
  10. oooo.....jadi golongan darah anak tidak selalu identik dengan golongan darah orang tuanya juga ya...pengetahuan baru nih buat saya orang desa tea nih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, nggak harus sama

      tapi kejadian beda golongan darah kayaknya nggak sering terjadi

      Delete
  11. Ahhhh.. kejebak nih, biasanya bro Ara ngasih tema misteri.. eh skrg malah soal kimia.. hadehh ~,,~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha

      emang sengaja gan.
      akan bosen jika temanya misteri mulu

      Delete
  12. Masih inget dengan jelas. Ini pelajaran biologi kelas 3 SMA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha
      iya, sama nih saya juga belajar pas SMA kelas 3

      Delete
  13. aduh gue anak IPS suka ngos-ngosan lihat pelajaran berbau IPA hahaha
    menarik yah, dari dua orangtua harusnya punya gol darah yang sama tapi malah jadi beda

    gue baru tahu loh :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi kemungkinan terjadinya nggak besar kok.

      Delete
  14. Yes gue benerrr...kmrin salah satu jawaban gue jga itu klo ga salah, tpi buset dahh mana biologi pake dibawa bawaaaa....keren beeeettt dah ah ternyata bisa juga ya beda golongan tpi tetep anak kndung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi kemungkinannya nggak terlalu tinggi

      Delete
  15. Aku udah lama nggak ikutan tebak-tebakan di blogmu. Ya jadi nggak ngerti deh masalahnya apa. Tapi jujur sih ya, bahasan ini waktu zaman SMA dulu antara suka dan enggak. Sukanya karena enak ngomongin golongan darah. Nggak sukanya karena ribet. Tapi btw kamu keren sih masih mau bawa-bawa biologi ke blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kebetulan aja saya lagi baca soal golongan darah waktu itu
      jadi langsung tulis aja sebagai riddle

      Delete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top